Search by Google

PROMOSI

Selasa, 18 Oktober 2011

KEGIATAN PAROKI: SOSIALISASI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA


Rabu, 19 Oktober 2011 bertempat di Aula Paroki telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Penyusunan Program Kerja yang dibawakan oleh Bapak. May Januar, SE. Acara ini dibuka pada jam 08.20 dimulai dengan absensi kehadiran para pengurus DePas dan seksi-seksinya serta kata pengantar singkat tentang mekanisme kerja Dewan Pastoral yang saat ini sedang disusun  oleh pastor paroki, P. Marthin Solon, Pr. Selain dari para pengurus DePas, hadir juga P. Isidorus Kania Pr.

Tepat pada pukul 08.30, Bapak May Januar, SE memulai acara sosialisasi ini dengan menegaskan dua topik utama: bagaimana mengenali program serta bagaimana membangun komitmen bersama. Setiap program dalam Dewan Pastoral membutuhkan dua hal: Organisasi pelayanan (team/kelompok kerja) dan alat untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Alat dapat berupa sistem dan mekanisme kerja dan keduanya membutuhkan pertanggung-jawaban serta kedewasaan untuk mencapai sasaran yang ingin dan telah direncanakan bersama.


Selanjutnya, Bapak May Januar, SE menjelaskan serta menerangkan tentang perencanaan program dimana setiap program berawal dari mengenal potensi, kondisi serta masalah yang terdapat dalam setiap paroki untuk meraih tujuan bersama. Dalam sosialisasi ini, ditampilkan serta dijelaskan beberapa form untuk menyusun program serta form untuk pelaporan pertanggung-jawaban dari kegiatan yang telah dicapai, baik dalam jangka panjang (4 tahun, periode DePas), jangka menengah (setahun) serta jangka pendek (triwulan).

Sosialisasi berlangsung cukup mendalam maka diharapkan agar masing-masing bidang serta seksi ke depan, dapat menerapkannya, sehingga segala kegiatan dapat terukur, tetapi bukan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan setiap seksi, melainkan untuk lebih memperbaikinya demi kemajuan paroki selanjutnya. 

Dipaparkan pula Program Kerja Pastoral tahun 2011- 2015 yang telah dirangkum oleh team. Yang penting disini adalah, amat diharapkan setiap pertemuan / rapat yang dilaksanakan oleh seksi-seksi memiliki buku daftar hadir serta jika bisa, foto-foto dokumentasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan.

Acara Sosialisasi Penyusunan Program Kerja ini berlangsung hingga pukul 11.30, ditutup dengan doa makan siang sekaligus penutup oleh ibu Devita dan berkat oleh P. Marthin Solon, Pr. Semoga apa yang telah diberikan dalam acara ini membawa manfaat bagi DePas khususnya serta umat Paroki Fransiskus Xaverius umumnya.

Terima Kasih kepada bapak, May Januar SE, yang telah membagikan ilmu serta pengalamannya bagi para pengurus Dewan Pastoral Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari. Semoga di masa mendatang, kegiatan yang sama dapat dilaksanakan secara lebih mendalam lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar