Search by Google

PROMOSI

Sabtu, 24 September 2011

SARASEHAN LITURGI HARI KEDUA


Sabtu 24 September 2011 pukul 08.30 WITA Sarasehan Liturgi hari kedua dibuka oleh Ibu Evie dan doa pembukaan oleh Sr. Anna Maria, JMJ juga terbagi dalam dua sesi.



Sesi pertama berupa sarasehan oleh P. Bosco Da Cunha yang antara lain menjelaskan makna liturgi dimana Tuhan Yesus bukan sebagai sebuah benda sakti tetapi adalah PRIBADI yang berbicara kepada kita serta mendengarkan suara hati kita sebagai umat-NYA. Dalam penjelasannya, P. Bosco Da Cunha, O. Carm meminta umat agar DAPAT HADIR 15 MENIT SEBELUM MISA DIMULAI serta menjaga masa KEHENINGAN sebelum Misa mulai. Sesi pertama berlangsung hingga pukul 10.00 WITA yang kemudian masa istirahat selama 15 menit saat peserta menikmati hidangan kecil yang disediakan di aula paroki.

Sesi kedua mulai pukul 10.15 terutama membahas mengenai Misa dan Doa di Lingkungan / Rukun serta bagaimana upaya untuk menjaga kesakralan liturgi selama Misa di rumah di luar gereja. Sesi ini berlangsung hingga menjelang pukul 13.00 WITA dimana P. Sani, MSC sebagai Ketua Komisi Kerasulan Kitab Suci, Liturgi & Katekik Keuskupan Agung Makassar memberikan closing speech. Antara lain P. Sani, MSC menyampaikan kepada para peserta bahwa Liturgi adalah sebuah drama suci yang memiliki skenario dimana kita semua mengambil bagian / pemain dan bukannya penonton belaka. Bermakna atau tidaknya Liturgi tergantung dari kita, maka untuk memulai sebuah pembaharuan, haruslah dimulai dari diri kita sendiri. Sesi kedua dan penutup ditutup dengan doa sekaligus sebagai doa makan siang bersama oleh Vikep Sultra, P. Mathius Bakolu tepat pada pukul 13.00.

Hadir dalam sesi kedua ini antaranya, P. Samson Bureny, Pr, P. Marthin Solon, Pr, P. Mathius Bakolu, Pr, P. Isidorus Kaniu, Pr, P. Albert Rua, Pr dan umat dari Kevikepan Sultra (Paroki Mandonga, Sadohoa, Unaaha serta Kolaka).

Demikianlah kegiatan Sarasehan Liturgi selama dua hari telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Semoga apa yang telah diterima membawa kemajuan bagi Kevikepan Sultra. 

Selamat dan terima kasih kepada P. Bosco Da Cunha, O. Carm dari KWI serta P. Sani, MSC dari KAMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar