Search by Google

PROMOSI

Selasa, 27 September 2011

KELOMPOK KATEGORIAL: LEGIO MARIA RATU PARA RASUL


Cahaya petang yang lembut menerobos dari tabir jendela Aula lantai 2 Pastoran gereja Katolik Fransiskus Xaverius Sasohoa Kendari saat kelompok Kategorial Legio Maria melaksanakan rapat Presidium rutin, Selasa 27 September 2011. Dibuka dengan doa rosario khas Legio, dibawah arahan Sr. Kristina Mislina, JMJ, kelompok kategorial Legio Maria melaksanakan pertemuan setiap Selasa sore pukul 16.30 WITA. Dalam pertemuan ini juga, setiap anggota Legio secara berurutan menceritakan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan atas tugas yang diberikan kepada mereka, antara lain kunjungan kepada orang sakit dan lanjut usia untuk memberikan penghiburan serta membawa Komuni Kudus.

Legio Maria (Lat: Legio Mariae) merupakan sebuah kelompok awam Katolik yang melayani secara sukarela, berjuang di bawah panji-panji Santa Maria Tak Bernoda dengan doa dan pujian. Tujuan dari Legio adalah agar para anggotanya menghayati perintah Tuhan dan memancarkan kesalehan kepada lingkungannya. Tugas utama para legioner (anggota Legio Maria) adalah berdoa serta melaksanakan karya kerasulan dalam kunjungan kepada orang-orang sakit dan menderita serta ikut membantu tugas-tugas di Paroki.

Legio Maria didirikan oleh seorang awam, Frank Duff di Dublin, Irlandia pada tanggal 7 September 1921. Untuk menjadi anggota Legio Maria, seseorang yang sudah dibaptis menjadi Katolik. Anggota Legio Maria terdiri dari anggota aktif dan anggota auxilier(yang membantu). Anggota aktif wajib terlibat dalam kegiatan rutin Legio Maria seperti menghadiri sidang/pertemuan anggota, melaksanakan tugas-tugas kerasulan, mendoakan Catena (Latin: Catena artinya rantai ikatan), dan lain-lain. Tugas anggota auxilier adalah berdoa Rosario dan Tessera.



Dewan tertinggi Legio Maria adalah Concilium di Dublin, Irlandia. Di bawahnya terdapat Senatus. Di bawah Senatus terdapat Commissium, kemudian Kuria dan terakhir Presidium.

Legio Maria Ratu Para Rasul di Paroki Sadohoa sendiri mulai disosialisasikan tanggal 23 Juni 2011 dan resmi berdiri dengan pelaksanaan pertemuan pertama pada hari Selasa 28 Juni 2011. Pada saat ini, susunan pengurus Pra Presidium adalah sebagai berikut:

Pembimbing Rohani: P. Marthin Solon, Pr
Asisten Pembimbing Rohani: Sr. Kristina Mislina, JMJ

Ketua: Guido
Wakil Ketua: Debora
Sekretaris: Alma Wilda
Bendahara: Christina Sangki

Bagi umat yang ingin bergabung ke dalam kelompok kategorial ini, dapat menghadiri pertemuan rutin SETIAP HARI SELASA JAM 16.30 WITA di Aula Lantai 2 Pastoran Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar