Search by Google

PROMOSI

Senin, 24 Desember 2012

PERAYAAN MALAM NATAL 2012


Allah telah mengasihi kita. Allah mengasihi kita dengan dengan keluarga yang kita mliki. Allah mengasihi kita dengan sahabat yang bertamu ke rumah kita. Allah mengasihi kita semua dengab kehadiran kita secara bersama-sama di gereja pada malam Natal ini....” demikian homili dari P. Marthin Solon Pr, Pastor Paroki, dalam Perayaan Ekaristi Meriah pada malam Natal, Senin 25 Desember 2012 yang dihadiri oleh ribuan umat se Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari. Sebelumnya, saat mengawali homili, P. Marthin Solon Pr menyatakan bahwa perayaan malam ini sangat istimewa karena dihadiri juga oleh umat dari stasi-stasi yang jauh, bahkan juga kehadiran dari stasi Wawo Indah (Pulau Wawonii). Pastor juga sempat mengadakan absensi umat dari stasi-stasi yang hadir di malam yang sangat indah itu.

Misa Malam Natal dimulai pada pukul 19.00 dengan adat Jawa diawali ritual pembukaan serta prosesi membawa bayi Yesus ke kandang yang untuk tahun ini diletakkan tepat di depan Altar. Dua buah pohon Natal besar diletakkan di dua sisi gereja, salah satu sangat unik karena dibuat dari kertas tissu yang nampak putih bersinar. Kemudian dilanjutkan dengan pemadaman lampu sambil umat menyalakan lilin yang bersinar dengan indah dalam kegelapan. Dan lagu “Malam Kudus’ pun bergema dengan syahdu. Ribuan umat yang memenuhi gedung gereja dan juga di aula serta sebagian di halaman samping gereja larut dalam suasana tenang sementara pancaran spot-light ke dinding dan langit-langit bagaikan melukiskan bintang-bintang di langit saat malam kelahiran Sang Juru Selamat.

Setelah homili, acara persembahan diawali dengan tarian Jawa dari komunitas RS Santa Anna dipimpin oleh Sr. Anna Maria JMJ. Perayaan berlangsung dengan khidmat, berawal dengan keheningan dan kemudian diakhiri dalam suasana kegembiraan karena Kristus telah lahir dengan membawa pesan damai kepada semua yang percaya kepada-Nya.

Dalam laporan kepada umat, ketua panitia, Evie Paternus, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan umat, khususnya yang telah terlibat secara aktip membantu panitia serta semua petugas liturgi dan paduan suara yang telah membawakan secara indah lagu-lagu ordinarium. Juga kepada umat yang telah menyumbang baik hiasan maupun tenaga dan materi serta para petugas pengamanan gereja sehingga pelaksanaan perayaan malam ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dan sebelum memberikan Berkat, P. Marthin Solon Pr juga menyampaikan salam dan ucapan selamat Natal kepada seluruh umat dari Keuskupan Agung Makassar. Misa usai pada pukul 21.45 yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama pastor paroki dan para umat dari stasi yang hadir. Foto-foto dapat dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar