Search by Google

PROMOSI

Senin, 11 Februari 2013

PAUS BENEDIKTUS XVI AKAN MENGUNDURKAN DIRI

Terhitung Kamis, 28 Pebruari 2013, Paus Benediktus XVI Pukul 20.00 Waktu Setempat (Pukul 19.00 GMT). Sebab pengundurkan diri karena kesehatan Paus. Paus Benediktus XVI merupakan Paus Gereja Katolik yang ke 265 dan jabatan ini dipangku beliau sejak tanggal 19 April 2005 menggantikan Paus Johanes Paulus II dan merupakan pemimpin Gereja Katolik terpanjang ketiga dalam sejarah Gereja.

Adapun teks lengkap pengunduran diri beliau adalah:


Saudara-saudara terkasih, Saya mengadakan pertemuan denganmu dalam konsistori ini, tidak hanya bagi tiga kanonisasi, tapi juga untuk menyampaikan keputusan yang sangat penting bagi kehidupan Gereja. Setelah berulang kali memeriksa suara hati saya dihadapan Allah, saya tiba pada kepastian bahwa kekuatan saya, dikarenakan usia lanjut, tidak lagi pantas untuk menjalankan pelayanan Petrus yang memadai. Saya sangat menyadari bahwa pelayanan ini, dikarenakan hakekat rohaninya yang bersifat spiritual, harus dijalankan tidak hanya dengan perkataan dan perbuatan, tidak kurang juga dengan doa dan penderitaan. 

Namun, di dunia sekarang, yang tunduk pada banyak perubahan yang cepat dan digoncangkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang erat berhubungan dengan kehidupan iman, untuk memerintah bahtera St. Petrus dan menyatakan Injil, kekuatan tubuh dan pikiran saya diperlukan, kekuatan yang dalam beberapa bulan terakhir, telah sangat menurun sampai saya harus menyadari ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya secara memadai. Untuk alasan ini, dan menyadari keseriusan tindakan ini, dengan kebebasan penuh saya menyatakan bahwa saya meninggalkan  pelayanan saya sebagai Uskup Roma, Penerus Santo Petrus, yang dipercayakan kepada saya oleh para kardinal pada 19 April 2005, mulai tanggal 28 Februari 2013, pukul 20.00, tahta Roma, tahta St. Petrus, akan kosong dan akan diadakan konklaf untuk memilih paus yang baru yang akan dipanggil oleh mereka yang berkompeten dalam hal ini.

Saudara-saudara terkasih, saya dengan sangat tulus mengucapkan terima kasih kepadamu untuk semua cinta dan pekerjaan yang dengannya kamu telah mendukung saya dalam pelayanan saya dan saya meminta maaf atas semua kelemahan saya. Dan sekarang, mari kita mempercayakan Gereja yang kudus kepada pengawasan Gembala Tertinggi Kita, Tuhan Kita Yesus Kristus, dan memohon Bunda Kudusnya, Maria, agar ia membantu Bapa Kardinal dengan kasih keibuan, dalam memilih paus yang baru. Berkaitan dengan diri saya, saya berkeinginan untuk melayani Gereja Allah yang kudus dengan sangat setia di masa depan melalui kehidupan yang didedikasikan bagi doa.

Dari Vatikan, 10 Februari 2013

Benediktus PP XVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar