Search by Google

PROMOSI

Sabtu, 03 Desember 2011

PUNCAK ACARA ULANG TAHUN PAROKI


Pada hari Sabtu, 3 Desember 2011 berlangsung puncak acara peringatan ulang tahun Paroki Fransiskus Xaverius yang ke 45, diawali dengan Perayaan Ekaristi Meriah pada pukul 17.30 WITA. Misa Peringatan Ulang Tahun yang dipimpin langsung oleh pastor paroki, P. Marthin Solon pr, didampingi Vikep P. Marthius Bakolu pr dan P. Isidorus La Rumpu Kaniu pr berlangsung semarak dan meriah.

Dalam homilinya, P. Marthin Solon pr, mengutip tulisan Komaruddin Hidayat yang menyatakan bahwa usia berarti produktip. Seseorang yang tidak produktip, walaupun dia masih hidup, sesungguhnya sudah mati. Sedangkan bila usia kita produktip, kita akan tetap hidup walaupun kita sudah tidak lagi berada di dunia ini. Pastor lalu menuturkan riwayat singkat dari Santo Fransiskus Xaverius, tentang perjalanan Santo Fransiskus Xaverius ke Asia serta bagaimana 'letihnya' Santo Fransiskus membaptis (seperti tertuang dalam suratnya kepada Santo Ignatius Loyola). Karena produktivitas itulah, Santo Fransiskus Xaverius, walau sudah tidak bersama kita lagi, namun dia tetap hidup dalam bentuk keberadaan umat saat ini.


Foto-foto dapat dilihat di sini

Seusai Misa, sekitar pukul 19.00 umat berkumpul bersama-sama di aula paroki untuk mengadakan malam syukur dan ramah tamah yang juga dihadiri para tamu dan undangan. Kurang lebih sekitar 300 orang memenuhi aula sehingga terasa sesak tetapi tidak menghalangi kegembiraan semua yang hadir saat itu. Nampak para ketua rukun dan stasi, juga perwakilan umat dari paroki Santo Clemens. Hadir juga dari pihak pemerintah daerah yang diwakili oleh lurah Sadohoa serta dari Departemen Agama.

Acara ramah tamah, dengan pembawa acara, Evie Paternus, diawali dengan tarian selamat datang serta kata sambutan oleh ketua panitia, Samuel Situmorang yang antara lain merasa bersyukur serta berterima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Setelah diselingi dengan pencabutan serta pembagian door price, sambutan kedua oleh pastor paroki, P. Marthin Solon pr, yang menjelaskan mengapa tema mengenang para pelopor diambil untuk kegiatan ulang tahun kali ini. Tema ulang tahun sendiri adalah “Dengan Teladan Perjuangan Para Perintis Iman Di Masa lalu, Umat Mampu Memperdalam Iman Dan Meningkatkan Karya Pelayanan Kepada Sesama”.

P. Marthin Solon pr berharap, dengan mengenal dan menggali kembali kekuatan iman para perintis, umat semua diharapkan mampu meneruskan bahkan meningkatkan semangat kebersamaan tersebut. Setelah itu, kembali dilakukan pencabutan serta pembagian door price kepada umat yang beruntung malam itu. Sambutan ketiga disampaikan oleh Vikep Sultra, P. Mathius Bakolu pr yang antara lain menyampaikan rasa terima kasih, bukan saja kepada umat tetapi juga kepada pihak lain utamanya pemerintah daerah sehingga gereja dapat berkembang hingga saat ini, sambil menyebut antara lain Brigjen Eddy Sabara (mantan gubernur Sulawesi Tenggara tahun 1967 – 1978) yang telah memberikan banyak bantuan dan kerjasama saat pembangunan gereja ini.

Setelah itu, para suster-suster dari biara JMJ tampil menyajikan tari dan lagu dengan gemulai dan indah. Lalu acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun serta nasi tumpeng yang dilakukan oleh Vikep Sultra didampingi pastor paroki, P. Isidorus Kaniu, para ketua rukun dan stasi serta juga lurah Sadohoa sementara umat menyanyikan secara bersama-sama lagu ulang tahun yang langsung dengan pembagian kue dan nasi tumpeng tersebut. Kemudian P. Isidorus La Rumpu Kaniu pr memimpin doa santap malam lalu umat dipersilahkan untuk menikmati sajian yang telah disediakan. Juga dilaksanakan pengumuman pemenang lomba yang telah berlangsung sebelumnya yaitu lomba domino, lomba menempel gambar orang kudus, lomba bercerita tentang orang kudus, lomba memasak nasi goreng bagi kaum bapak, lomba merangkai bunga bagi kaum ibu, lomba menyanyikan mazmur serta atraksi hiburan dari murid-murid SMP Frater Kendari dan juga paduan suara serta koor anak-anak diselingi pencabutan dan pembagian door price utama berupa DVD Player, HP serta Kipas Angin bagi umat yang beruntung.


Foto-foto malam tamah tengok di sini

Malam ramah tamah ini usai sekitar pukul 21.30, ditutup dengan doa dan berkat oleh Vikep P. Mathius Bakolu pr. Selamat kepada umat Paroki Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari.

Minggu, 4 Desember 2011, masih dalam rangkaian syukur atas ulang tahun ke 45 Paroki Fransiskus Xaverius, bekerja sama dengan pihak Departeman Kesehatan, PMI dan RS Santa Anna, bertempat di Lorong Lasolo berlangsung Bakti Sosial Pengobatan Gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 pagi itu, ramai diikuti oleh masyarakat yang berada di sekitar lokasi dekat gereja. Sementara itu juga dilaksanakan pemeriksaan golongan darah secara gratis untuk mereka yang belum mengetahui golongan darahnya. Kegiatan Bakti Sosial ini dibantu oleh dr. Unggul, dr. Mario dr.Frans dibantu para suster JMJ dan beberapa jururawat dan berlangsung hingga minggu siang pukul 13.00.


Foto-foto dapat dilihat di sini

2 komentar: