Search by Google

PROMOSI

Minggu, 06 November 2011

LAPORAN: PEMBERKATAN PASTORAN STASI LAPOA


Minggu, 6 Nopember 2011 menjadi sebuah hari bersejarah bagi stasi Keluarga Kudus YMY Lapoa, kecamatan Tinanggea, Konawe Selatan. Stasi yang terletak kurang lebih 123 km dari Gereja Pusat, hari itu ramai didatangi oleh umat dari rukun dan stasi se paroki Santo Fransiskus Xaverius, para suster dari biara JMJ serta tamu undangan lainnya termasuk utusan dari paroki Santo Clemens Mandonga serta para donatur.

Adapun susunan pengurus Stasi Lapoa sebagai berikut:

STASI KELUARGA KUDUS YMY LAPOA
Ketua: Paskalis Kasih Kristianto
Wakil Ketua: Agus Sulistiono
Bendahara: Ketut Albertus
Sekretaris: Gede Kristiasa

Stasi Lapoa bermukim 17 KK (59 Jiwa)



Misa syukur pemberkatan dimulai tepat pukul 10.00, dipimpin oleh Vikep Sultra, P. Mathius Bakolu Pr didampingi pastor paroki Sadohoa, P. Marthin Solon Pr dan P. Isidorus La Rumpu Kaniu Pr. Misa dihadiri sekitar 300 umat berlangsung semarak. Pemberkatan Pastoran Lapoa sekaligus diikuti dengan pemberkatan rumah umat yang berada di stasi Lapoa, berupa pemercikan kunci-kunci rumah umat.

Dalam homilinya, P. Mathius Bakolu menyampaikan rasa syukur atas keberadaan pastoran baru tersebut tetapi mengingatkan bahwa lebih utama adalah bagaimana keberadaan gereja di tengah umat mampu membina iman sehingga dapat bertahan dan menjadi terang bagi masyarakat sekitar. Jadilah gadis-gadis yang bijaksana seperti yang diwartakan dalam bacaan Injil hari ini (Mat. 25: 1 – 13).

Kemudian, P. Mathius Bakolu Pr ditemani P. Marthin Solon Pr melakukan pengguntingan pita di pintu masuk pastoran kemudian berkeliling memerciki bangunan tersebut dengan air suci. Lalu dilakukan pula pemercikan pada kunci-kunci pintu umat stasi Lapoa. Sementara koor dari stasi Anduonohu mengalunkan lagu “Syukur kepada-MU Tuhan”.

Seusai Misa, pada pukul 11.00, dengan dipandu oleh Evelyn Paternus, diadakan ramah tamah dengan acara pertama sosialisasi CU kepada masyarakat sekitar. Lalu, pidato pertanggung-jawaban dari Panitia Pelaksana Pemberkatan Pastoran, Devita L. Siri dan Panitia Pelaksana Pembangunan Pastoran Lapoa, Bapak Wayan yang memaparkan secara ringkas tentang jalannya pembangunan pastoran sekaligus mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas segala partisipasi dari umat, tidak hanya dari umat stasi Lapoa saja, tetapi khususnya bantuan donatur dari umat se paroki Sadohoa bahkan umat diluar paroki yang telah membantu hingga pastoran Lapoa dapat terwujud.

Setelah acara hiburan yang menampilkan dua orang gadis cilik membawakan tarian Bali, P. Marthin Solon Pr, sebagai pastor paroki memaparkan alasan pelaksanaan pembangunan pastoran. Setelah laporan keuangan, P. Marthin Solon menyampaikan dua alasan utama mengapa pastoran ini dibangun. Pertama, bangunan lama sudah amat kumuh bahkan tidak layak lagi ditempati sambil mengisahkan bahwa pernah ada ular yang jatuh dari plafon pastoran yang, untung saja terjadi di kamar mandi dan tidak jatuh di pastor. Kedua, rencana Lapoa menjadi pusat pelayanan bagi umat di stasi SP 1 Atari Indah, DKB 5 dan stasi Rumbia selain stasi Lapoa sendiri.

Setelah pidato laporan dari pastor, REFRANXA menghibur umat dengan sandiwara singkat tetapi penuh dengan humor dan dilanjutkan lelang atas buah yang dihasilkan oleh umat Lapoa sendiri. Dan tepat pukul 11.55, Sr. Christine Mislina JMJ memimpin doa santap siang. Berbagai hidangan disiapkan bagi umat serta para tamu yang datang, diantaranya nampak dua ekor babi bakar. Dan pada pukul 13.00, acara ramah tamah ditutup dengan doa oleh Sr. Anna Maria JMJ serta berkat dari P. Isidorus La Rumpu Kaniu Pr.

Selamat kepada umat di Stasi Keluarga Kudus YMY, Desa Lapoa Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar