Search by Google

PROMOSI

Minggu, 07 April 2013

RAPAT EVALUASI PEKAN SUCI 2013


Pada hari Minggu 7 April 2013 telah berlangsung Rapat Evaluasi Pekan Suci 2013 di Aula Paroki. Rapat yang dimulai pada pukul 19.15 dipimpin oleh Evie Paternus (Ketua Panitia) didampingi Recky Bobby Chandra (Wakil Ketua) serta dihadiri para ketua Rukun, Stasi dan seksi-seksi kepanitiaan serta juga dua orang Suster JMJ.

Rapat diawali dengan Doa oleh Sr. Giasinta JMJ berjalan dengan agenda evaluasi setiap seksi serta budaya yang pada umumnya disimpulkan telah berjalan dengan baik dan lancar walau tetap ada beberapa kendala, terutama karena kurangnya pengenalan akan budaya yang ikut berpartisipasi dalam perayaan. Keluhan-keluhan itu antara lain banyaknya umat yang pada saat perayaan berlangsung ikut mengambil gambar karena setiap tradisi yang tampil mungkin dirasakan unik tetapi sangat mengganggu konsentrasi umat lainnya dan menimbulkan kesan ketidak-tertiban dan menciptakan suasana perayaan sebagai tontonan hiburan. Maka diharapkan agar ke depan, hanya fotografer yang ditugaskan saja yang dapat bergerak bebas untuk mengambil gambar sedang umat, walau tetap bisa mengambil gambar, tetapi akan diminta untuk tidak meninggalkan tempatnya masing-masing. Hal ini akan menjadi tugas tata-tertib.

Juga, pelaksanaan perayaan dengan inkulturasi diharapkan setiap etnis yang tampil menyadari bahwa penampilan dalam perayaan bukan suatu pertandingan tetapi semata demi kemuliaan Tuhan agar menghindari kesan terjadi persaingan. “Masing-masing etnis menampilkan tradisi daerahnya untuk dikenal dan mengenal satu sama lain” demikian kata P. Marthin Solon Pr, pastor paroki yang juga ikut hadir dalam rapat evaluasi tersebut. Kendala lain adalah perbedaan persepsi tentang makna tradisi yang barangkali tidak bisa dihindari walau demikian, fungsi dan makna tradisi tersebut sebelumnya dapat dijelaskan kepada umat hingga umat menyadari makna perbedaan tersebut. Antara lain mengenai masalah lelang hasil persembahan dari umat merupakan salah satu tradisi dan ciri khas umat etnis Tana Toraja. Selain itu, P. Marthin Solon Pr, menjelaskan bahwa banyaknya persembahan dapat menjadi tersia-sia dan rusak jika hanya disimpan di Pastoran sehingga jauh lebih baik dan lebih bermanfaat jika umat ikut menikmati hasil persembahan tersebut sekaligus membantu pendanaan panitia yang cukup besar. Juga dilaporkan serta dibagikan laporan pertanggung-jawaban keuangan panitia hingga selesainya semua perayaan tersebut.

Setelah evaluasi dibicarakan juga beberapa rencana perayaan besar yang akan dilaksanakan kemudian. Pada Sabtu / Minggu tanggal 25 dan 26 Mei 2013 akan diadakan Ziarah Maria ke Stasi DKB I, lalu perayaan Komuni I pada bulan Juni dan Krisma pada bulan Agustus yang akan dihadiri oleh Uskup Agung Makassar, Mgr. Johanes Liku Ada. Untuk ziarah Maria di DKB I, umat yang datang akan disiapkan tenda besar, dan bukan lagi menginap di rumah-rumah umat seperti kebiasaan tahun lalu karena, setelah evaluasi pelaksanaan ziarah tahun lalu, umat setempat yang menampung para tamu dari paroki yang hadir, tidak dapat mengikuti ziarah tersebut dengan baik.

Rapat Evaluasi diakhiri dengan Doa dan Berkat oleh P. Marthin Solon Pr pada pukul 21.45. Beberapa foto suasana rapat dapat dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar