Search by Google

PROMOSI

Kamis, 18 Oktober 2012

LAPORAN: KEGIATAN PENGELOLAAN DAN PEMBINAAN AGAMA KATOLIK DAN SOSIALISASI HASIL SINODE KAMS


Dengan tema: Quo Vadis Pendidikan Katolik, sejak Senin 15 Oktober hingga Kamis 18 Oktober 2012, berlangsung Kegiatan Pengelolaan dan Pembinaan Pendidikan Agama Katolik dan Sosialisasi Hasil Sinode Keuskupan Agung Makassar di Hotel Srikandi, Lepo-Lepo Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kevikepan Sulawesi Tenggara dengan peserta tercatat 71 orang yaitu:


  • Bau-Bau 9 orang
  • Labasa 8 orang
  • Raha 10 orang
  • Bombana 2 orang
  • Konawe Selatan 2 orang
  • Konawe Utara (Asera) 3 orang
  • Konawe (Unaaha) 8 orang
  • Kolaka 9 orang
  • Kendari 20 orang
Beserta dua narasumber dari Makassar yaitu Sr. Sandra Supit JMJ (Kepala Perwakilan Yayasan Jesus Maria Joseph Sulselra) dan P. Nathanael Runtung Pr (Keuskupan Agung Makassar). Kegiatan ini juga diikuti oleh P. Albert Maria Rua Pr (Sekretaris Kevikepan), P. Matius Patton Pr (Pastor Paroki Labasa), P. Bernard Cakra Arung Raya Pr (Pastor Paroki Raha), P. Martinus Mattani Pr (Pastor Paroki Bau-Bau), P. Bartholomeus Sire’peng Pr (Pastor Paroki Unaaha) dan P. Samson Bureny Pr (Pastor Paroki Mandonga).

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan Misa Pembukaan oleh Vikaris Episkopal Sulawesi Tenggara P. Mathius Bakolu Pr pada hari Senin 15 Oktober 2012 pukul 15.00 serta dibuka oleh wakil dari Ka. Kanwil Kemenag Leonardus Latu, S.Ag, M.Pd pada pukul 19.00.

Pada kegiatan hari kedua, Selasa 16 Oktober 2012 yang dimulai pada pukul 07.30 setelah makan pagi, Kasubdit Pendidikan Tinggi Albertus Triyatmojo, SS, Msi yang memaparkan mengenai kebijakan tehnis pengelolaan dan pembinaan Pendidikan Agama Katolik yang antara lain menyatakan bahwa tugas dari Departemen Agama adalah memfalitasi kegiatan dalam rangka pelayanan bagi umat Katolik. Di hari yang sama, P. Albert Maria Rua Pr (Sekretaris Kevikepan) menjelaskan tentang Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Makassar, khususnya di daerah Kevikepan Sulawesi Tenggara.

Kegiatan hari ketiga, Rabu 19 Oktober 2012, Team Pendamping Sinode Diosesan 2012 KAMS, Sr. Sandra Supit JMJ, P. Nathanael Runtung Pr serta Ibu Devita Lucia Siri melakukan Sosialisasi Hasil Sinode KAMS yang dilanjutkan dengan penyusunan rencana kerja strategis komisi untuk Kevikepan Sultra.

Kegiatan hari keempat atau terakhir dari kegiatan ini, pada hari Kamis 18 Oktober adalah pemaparan hasil kerja per komisi yang kemudian akan ditetapkan menjadi program/rencana aksi Gereja Katolik Kevikepan Sultra. Kegiatan ini ditutup oleh Bapak Leonardus Latu, A.Ag, M.Pd. serta Misa Penutupan oleh Vikaris Episkopal Sultra P. Mathius Bakolu Pr.

Kegiatan ini dapat dilihat di sini. Adapun hasil-hasil dari kegiatan dapat diunggah di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar