Search by Google

PROMOSI

Senin, 28 September 2015

TEMU WICARA DENGAN SEKRETARIS PSE KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIA (KWI)

Senin 28 September 2015 di Gereja Santo Clemens Kendari telah berlangsung Temu Wicara dengan Sekretaris Pelayanan Sosial Ekonomi (PSE) dari kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), RD FA Teguh Santosa Pr yang disertai RD Carlos, P. Linus Ogeh Pr (PSE KAMS) dan P. Bartho Sireppeng Pr (PSE Kevikepan Sultra). Temu wicara ini dimulai pada pukul 19.00 WITa dengan kata pembukaan dan doa oleh P. Linus Ogeh Pr dari kantor PSE Keuskupan Agung Makassar yang lalu dilanjutkan dengan RD FA Teguh Santosa. Turut hadir juga Pastor Paroki Santo Clemens Kendari, P. John Da Cunha Pr serta beberapa suster dari JMJ.

Dalam penjelasannya, RD Teguh Santosa Pr menyatakan bahwa kehadiran tim PSE dari KWI untuk mengetahui sejauh mana dampak dan kemanfaatan dana APP yang sejak dimulai hingga saat ini telah dikucurkan kurang lebih sebesar 50 M. RD teguh Santosa kemudian menanyakan kepada para anggota DePas dari beberapa paroki, khususnya dari seksi PSE, sejauh mana pengetahuan mengenai APP itu. Dalam proses tanya jawab, sebagian mengharapkan transparansi penggunaan dana APP karena selama ini tidak terlalu jelas kemana dana itu mengalir. RD Teguh Santoso menjelaskan bahwa APP sendiri adalah cara untuk mewujudkan kerohanian umat ke keduniawian. Dan seperti yang dikatakan oleh seorang peserta, masalah pasti tidak dapat diselesaikan tetapi minimal dapat dirasakan bahwa gereja hadir bersama mereka yang sedang kesusahan. Dalam penjelasannya, RD Teguh Santosa menjelaskan bahwa 15% dari dana APP yang diterima oleh Keuskupan dikirim ke Kantor PSE KWI di Jakarta yang kemudian dibagikan sesuai dengan proposal yang masuk ke seluruh Indonesia hingga sampai ke Papua. RD Teguh juga menceritakan poengalaman saat berkunjung ke Tanah Merah di Keuskupan Merauke bagaimana terasa manfaat dana APP itu, bukan dari jumlahnya saja tetapi karena rahmat yang menyertai dana itu.

Menanggapi tentang masalah transparansi dana APP, P. Linus Ogeh kemudian menjelaskan bagaimana prosedur pengajuan proposal dana untuk kegiatan yang akan ditunjang oleh dana dari APP. P. Linus Ogeh juga menjelaskan bahwa untuk KAMS, ada dua jenis APP yakni APP umat secara umum dan APP sekolah yang dipergunakan untuk pemberian bea siswa. P. Linus juga menyampaikan bahwa ternyata ada paroki yang tidak mengirim proposal ke kantor PSE KAMS sehingga tidak menerima dana APP itu. Makanya P. Linus mengharapkan agar paroki-paroki, atas inisiatip pastor parokinya, bisa mengajukan proposal penggunaan dana untuk kemasyarakatan tersebut.

Kemudian, P. Bartho Sirepeng Pr, sebagai koordinator PSE Kevikepan Sultra yang baru diangkat menjelaskan bahwa setiap proposal diterima bukan karena kedekatan atau ada hubungan dengan baik dengan pastor koordinator PSE tetapi betul-betul ditinjau dari dampak dan kemanfaatan dana tersebut untuk masyarakat (jadi tidak terbatas pada umat saja) sambil menceritakan pengalaman saat membuat kanal pembuangan di Paroki Roh Kudus Unaaha.

Demikian acara temu wicara ini berlangsung hingga pukul 21.30 dan ditutup dengan doa dan berkat oleh P. Linus Ogeh Pr sebagai koordinator PSE dari Keuskupan Agung Makassar. Foto-foto dapat dilihat di sini.


Minggu, 27 September 2015

RAPAT PLENO PERDANA DEWAN PASTORAL 2015 - 2018

Minggu, 27 September 2015 telah berlangsung Rapat Pleno Perdana Dewan Pastoral Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kendari masa tugas 2015 - 2018 (lihat daftar nama anggota DePas terpilih di sini). Rapat dimulai pada pukul 17.30, dibuka dengan pengantar oleh Ibu Devita Lucia Siri (Sekretaris DePas) didampingi P. Herman Panggalo Pr (Ketua Umum DePas / Pastor Paroki) dan dilanjutkan doa pembukaan oleh Sr. Patricia JMJ.

Agenda rapat perdana:
1. Pembukaan
2. Doa Pembukaan oleh Sr. Patricia JMJ
3. Penjabaran Kerja Tugas sesuai dengan Pedoman Dasar DePas Paroki KAMS
4. Pengarahan / Penyusunan Program Kerja
5. Pemilihan Panitia Ulang Tahun Paroki ke 49 dan Hari Raya Natal - Paskah
6. Pemilihan Panitia Pesta Emas Paroki tahun 2016
7. Hal-hal lain
8. Istirahat / Makan malam bersama
9. Penutup
10. Doa Penutup

Setelah doa pembuka, Pastor Paroki, P. Herman Panggalo Pr membacakan tugas masing-masing bidang sesuai dengan Buku Pedoman Dasar Dewan Pastoral Paroki Keuskupan Agung Makassar yang sebelum telah dibagikan kepada semua anggota DePas. Selanjutnya, masing-masing seksi berkumpul dan membahas program kerja yang akan dan bisa dilaksanakan sesuai bidang masing-masing.

Kemudian, dilaksanakan pemilihan pantia untuk perayaan ulang tahun ke 49 sekaligus pesta pelindung paroki pada tanggal 3 Desember 2015, Natal, Tahun Baru 2016 hingga ke perayaan Paskah 2016.Dalam hal ini diputuskan bahwa untuk perayaan ulang tahun ke 49 akan dipimpin langsung oleh DePas Paroki, dalam hal ini Bapak Lee Patrick Hadisusanto (Ketua I) akan bertindak sebagai koordinator. Seksi-seksi lain semisal Dekorasi, Acara, Kandang Natal yang tiada ada dalam seksi DePas dibentuk secara temporal. Untuk perayaan ulang tahun ke 49 ini akan dilaksanakan secara sederhana dan fokus pada ulang dan tahun emas di tahun 2016 mendatang. Rapat perdana Panitia Ulang Tahun ke 49 dan Perayaan Hari-Hari Besar akan dilakukan pada hari Minggu 4 Oktober 2015 pukul 17.00 di Aula Paroki.

Selanjutnya, untuk Pesta Emas dan Pelindung Paroki pada tahun depan, dipilih Bapak Tikno Sarwoko sebagai Ketua Panitia, Wakil Ketua Bapak Emanuel Narsus, Sekretaris Ibu Yeni Alexander, Bendahara Bapak Herry Tanring serta juga para koordinator seksi yang akan bekerja mulai setelah pembentukan panitia selesai dan akan berfokus pada acara-acara dan kegiatan yang akan dilakukan demi menyemarakkan Pesta Emas tersebut. Rapat perdana kepanitiaan Pesta Emas ini direncanakan pada hari Minggu 18 Oktober 2015 mulai pukul 17.00 di Aula Paroki.

Rapat kemudian membicarakan tentang rencana Ziarah Kevikepan di Paroki Roh Kudus Unaaha serta juga kunjungan Tim PSE KWI pada hari Senin 28 September besok serta menghimbau agar anggota DePas dapat menghadiri kegiatan tersebut. Pembicaraan lain tentang tentang tema dan sub-tema Pesta Emas, pembagian wilayah, pendanaan kegiatan dan juga pembagian tugas seksi katekese dan pendidikan katolik dalam hal pendiudikan agama bagi siswa-siswi sekolah non katolik. Dalam hal pengaturan wilayah, direncanakan akan ada pertemuan antara DePas Paroki Santo Fransiskus Xaverius dan Paroki Santo Clemens bersama Pastor Paroki masing-masing dan Pastor Vikep yang waktunya akan diatur tersendiri pada bulan Nopember mendatang.

Pada pukul 21.00 rapat berakhir dan dilanjutkan dengan santap malam bersama. Doa santap malam oleh Fr. Joseph JMJ. Rapat kemudian ditutup setelah Santap Malam bersama sekitar pukul 21.30. Foto-foto rapat dapat dilihat di sini.

Jumat, 25 September 2015

MATERI DAN NARASUMBER KURSUS PERSIAPAN PERKAWINAN

  1. Administrasi Nikah oleh Bapak Robert Keytimu
  2. Penyelidikan Kanonik I oleh P. Herman Panggalo Pr
  3. Perkawinan dalam pandangan Katolik dan Moral Perkawinan oleh P. Herman Panggalo Pr
  4. Perkawinan sebagai Sakramen oleh P. Albert Rua Pr
  5. Liturgi Perkawinan oleh P. Albert Rua Pr
  6. Psikologi Suami Istri oleh Dr. Mario
  7. Komunikasi Suami Istri oleh Dr. Mario
  8. Faal Pria – Wanita oleh Dr. Mario
  9. Keluarga Berencana secara Katolik oleh Dr. Mario
  10. Penyesuaian Seksual antar suami dan istri oleh Dr. Mario
  11. Ekonomi Rumah Tangga oleh Bapak Yohanis Aris
  12. Pendidikan Anak oleh Bapak Erasmus Pongkahali
  13. Menyambut Permata Hati oleh Suster Patrisia JMJ
  14. Gender dan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) oleh Ibu Veronika Paseleng
  15. Katekese (khusus bagi calon permandian katolik) oleh Frater Yoseph HHK
  16. Penyelidikan Kanonik II oleh P. Herman Panggalo Pr
  17. Latihan Upacara Pernikahan oleh Bapak Robert Keytimu

Rabu, 23 September 2015

RAPAT DEPAS PLENO

Rapat Dewan Pastoral Pleno Pertama akan diadakan pada hari Minggu 27 September 2015 mulai pukul 17.00 di Aula Paroki. Untuk itu sangat diharapkan kehadiran segenap anggota Dewan Pastoral yang baru dilantik.

Sabtu, 19 September 2015

PELANTIKAN DEWAN PASTORAL 2015 - 2019

videoMinggu, 20 September 2015 dalam Perayaan Ekaristi yang dimulai pada pukul 07.00 berlangsung pelantikan Dewan Pastoral Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kendari. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Vikaris Episkopal Sulawesi Tenggara P. Willibrordus Welle Pr didampingi Pastor Paroki, P. Herman Panggalo Pr serta P. Simon Bata SVD

Dalam homili singkat, Pastor Vikep Sultra, P. Willy Welle Pr mengharapkan agar para anggota Dewan Pastoral yang baru dilantik dapat berlaku Setia, Bertanggung Jawab dan Membawa damai kepada umat dan masyarakat.

Foto-foto dapat dilihat di sini.

Senin, 14 September 2015

JADWAL DAN AGENDA KEGIATAN

1. Pada hari Kamis & Jumat, 17 - 18 September 2015 mulai Pukul 17.00 - Selesai, akan diadakan REKOLEKSI KELUARGA yang dipimpin oleh Pastor Ketua Komisi Keluarga KAMS, P. Rusdyn Ugiwan Pr beserta Tim. Mohon kehadiran Bapak-Ibu, khususnya yang sudah berkeluarga.

2. Sehubungan adanya penetapan baru dari Komisi Liturgi KAMS untuk memisahkan Salve (Penyembahan Sakramen Mahakudus) dari Perayaan Ekaristi, maka diambil kebijakan untuk melaksanakan Salve pada setiap hari Kamis Pertama Dalam Bulan pukul 18.30. Sehubungan dengan Salve, maka umat diberi kesempatan untuk melaksanakan Adorasi pribadi setelah Salve, yakni dari pukul 19.00 - selesai di Ruang Adorasi. Dibuk kesempatan untuk dlaksanakan per-jam (Pukul 19.00 - 20.00, pukul 20.00 - 21.00, pukul 21.00 - 22.00 dan seterusnya). Bagi yang ingin melakukan Adorasi pribadi, silahkan mendaftar pada Sekretariat Paroki. Kegiatan ini akan dimulai pada Kamis 1 Oktober 2015. Untuk sesi pertama, yakni pukul 19.00 - 20.00 telah diisi oleh Kelompok Kombas Kerahiman Ilahi.

FUNGSIONARIS DEPAS, PGPM dan DEWAN KEUANGAN PERIODE 2015 – 2019

Dewan Penasehat:
Yohanes Puterahmat
Euphebius Anasara
Hendrik Jiedri

Ketua I (Pewartaan & Sarana): Lee Patrick Hadisusanto
Ketua II (Pembinaan): Robert Djohar
Ketua III (Sosial): Oktaviana Suroso

Sekretaris I : Devita Lucia Siri
Sekretaris II: Robert Keytimu

Bendahara I: Crista Cenny
Bendahara II: Cicilia Elim

Seksi Kerasulan Kitab Suci:
Antonius Budi Utomo (Koordinator)
Frans Plasing (Anggota)
Anselmus Willy (Anggota)

Seksi Katekese:
Evie Paternus (Koordinator)
Erasmus Pongkahali (Anggota)
Frater-Frater HHK (Anggota)
Suster-Suster JMJ (Anggota)
Yulianti Sallekarurung

Seksi Liturgi:
Susanawati (Koordinator)
Suster JMJ (Anggota)
Oudri Santhika (Anggota)
Herry Tanring (Anggota)
Anita R. Anasara (Anggota)
Yuliani Verliona (Anggota)

Seksi Panggilan:
Bartholomeus (Koordinator)
Frater-Frater HHK (Anggota)
Suster-Suster JMJ (Anggota)
Emanuel Nasus

Seksi Komsos:
Tonny Sutedja (Koordinator)
Jimmy Alam (Anggota)
Yovianus Sampelomo (Anggota)
Fandy Adam AEN (Anggota)

Seksi Kerasulan Keluarga:
Lukas Panginan (Koordinator)
Onci Martha (Anggota)
Asni Situmorang (Anggota)
Devina F. Beresabi (Anggota)

Seksi KIK:
Elys Christina Karamasa (Koordinator)
Agnes Besse’ (Anggota)
Roswita (Anggota)
Resti Wahyuni (Anggota)
Lince TP Widjaja (Anggota)

Seksi Pendidikan Katolik:
Marsya Sumule (Koordinator)
Laurensius Pigang (Anggota)
Yuvenalis (Anggota)
Frater HHK (Anggota)

Seksi Kepemudaan:
Leo Dakus (Koordinator)
Januarius Jhony (Anggota)
Melinda Charlex (Anggota)
Yuliana Veronica (Anggota)
Sebast Van Romi (Anggota)
Ketua YOX – ex officio (Anggota)

Seksi SEKAMI:
Ernesta Tanti (Koordinator)
Alma Wilda (Anggota)
Yeni Alexander (Anggota)
Anna Devita Sari (Anggota)
Suster JMJ (Anggota)
Kristina Sinta (Anggota)

Seksi Kerawam:
Bernadus Suroso (Koordinator)
Simon Lasarudi (Anggota)
Yane Paternus (Anggota)
Vero Wahyudi (Anggota)

Seksi PSE:
Recky Wijaya (Koordinator)
Robertus Rupang (Anggota)
Patricia Wiwiek (Anggota)
Yasinta Vivi (Anggota)
Dina Ada’ (Anggota)
Frans Pandean (Anggota)
Siska Haryono (Anggota)
Antonia Charlex (Anggota)

Seksi APP:
Antonius Acen (Koordinator)
Windy Sau’ Galla (Anggota)
Flaviana Restin Sado (Anggota)
Petrus Olelejab (Anggota)

Seksi HAK:
Yan Leroux Sare (Koordinator)
Randy Pasudi (Anggota)
Antonius Agung (Anggota)

Seksi Keadilan & Perdamaian:
Tandi Bayang (Koordinator)
Nathanael Myte Timu (Anggota)
Guido Ido (Anggota)

Seksi Ketertiban & Keamanan:
Robert Sakti (Koordinator)
Ferry Lontana (Anggota)
Mario Delima Seo (Anggota)
Frans Dodi Alexander (Anggota)

Seksi Sarana-Prasarana / Listrik
Petrus Wahyudi (Koordinator)
Frans Octavianus Djo (Anggota)
Nancy Jie (Anggota)
Cosmas Nggeu (Anggota)
Utu Servasius Gori (Anggota)

Seksi Sarana-Prasarana Bangunan
Tikno Sarwoko (Koordinator)
Heriyanto Tungadi (Anggota)
Decky Titamena (Anggota)

Seksi Sarana-Prasarana Sound System
Yohanes Eko (Koordinator)
Samuel Palai (Anggota)
Paskalis Leu (Anggota)

Seksi Tanah Gereja:
Alfons Mandeno (Koordinator)
Gracia Puterahmat (Anggota)
Christoforus Malli (Anggota)

PGPM:
Devita Lucia Siri (Sekretaris)
Crista Cenny (Bendahara)
Frenai Charlex (Anggota)
Alfons Mandeno (Anggota)

Dewan Keuangan:
Mario Rumate (Sekretaris)
Yohanis Aris (Anggota)
Felix Kwee (Anggota)
Jeffry Lienardi (Anggota)


Pelantikan akan dilaksanakan pada Perayaan Ekaristi hari Minggu 20 September 2015 pagi pukul 07.00 di Gereja Pusat.

KUNJUNGAN USKUP AGUNG MAKASSAR

Jumat 11 September 2015, Uskup Agung Makassar, Mgr. Johanes Liku ‘Ada mengadakan kunjungan pastoral ke Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kendari. Tiba pada pukul 16.00, Mgr. Johanes Liku ‘Ada disambut dengan ritual adat Sikka – Maumere yang dilanjutkan dengan pengalungan selendang serta pengguntingan pita oleh Bapak Uskup sebagai tanda memasuki Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kendari. Maka dibuka dengan tarian tradisional hegong, Mgr. Johanes Liku ‘Ada memasuki gerbang gereja paroki Santo Fransiskus Xaverius. Uskup Agung Makassar didampingi oleh P. Matheus Bakolu Pr., P. Willibrordus Welle Pr. Serta para pastor paroki se kevikepan sulawesi tenggara.

Pada pukul 17.00 dimulai perayaan ekaristi serah terima dan pelantikan Vikaris Episkopal Sulawesi Tenggara dari P. Matheus Bakolu Pr ke P. Willibrordus Welle Pr. Perayaan ekaristi berlangsung semarak dan dihadiri oleh banyak umat yang bukan hanya umat dari paroki Santyo Fransiskus Xaverius saja, tetapi juga umat dari paroki-paroki lain yang berada di bawah kevikepan sulawesi tenggara. Dalam amanatnya, Mgr. Johanes Liku ‘Ada antara lain membeberkan makna dan fungsi vikaris episkopal sebagai wakil uskup untuk area tertentu, dalam hal ini, vikaris episkopal untuk sulawesi tenggara. Seusai perayaan ekaristi dilanjutkan dengan ramah tamah di aula lantai dasar paroki Fransiskus Xaverius. Foto-foto dapat dilihat disini.

Sabtu 12 September 2015, Uskup Agung Makassar memulai kunjungan ke beberapa lokasi pada pukul 08.00 yang diawali dengan mengunjungi SMP Frater Kendari, lalu meneruskan perjalanan ke Stasi Santo Ignasius Loyola di Tanea dan terakhir ke Stasi Santa Maria Diangkat Ke Surga Anduonohu. Dalam kunjungan ke SMP Frater Kendari, Uskup Agung disambut dengan drum band SMP Frater Kendari. Dalam sambutannya, Uskup mengharapkan agar SMP Frater Kendari dapat semakin maju dalam pendidikan serta memberikan berkat beliau kepada segenap siswa/i SMP Frater. Setelah itu, Uskup Agung menuju ke Stasi Tanea dan disambut oleh pengurus Stasi di depan gereja stasi yang baru saja selesai direnovasi. Gedung gerja Stasi Tanea terletak di tengah-tengah persawahan sehingga terlihat unik. Di Stasi Tanea, Uskup Agung sempat menikmati singkong rebus dan goreng yang dihidangkan oleh pengurus stasi Tanea. Kemudian Uskup Agung dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Stasi Santa Maria Diangkat Ke Surga Anduonohu dimana nampak puluhan umat secara beramai-ramai menyambut beliau. Stasi Santa Maria Diangkat Ke Surga ini sedang dalam pembangunan gedung gereja permanen dan terletak di area kota baru di Kendari. Di Stasi Anduonohu, Usku Agung dan rombongan dijamu santap siang bersama umat dan setelah itu menyempatkan diri berkeliling di lokasi pembangunan gereja baru. Sekitar pukul 12.30 Uskup Agung dan rombongan kembali ke Paroki untuk mempersiapkan diri mengadakan Misa Penerimaan Sakramen Krisma. Foto-foto kunjungan Uskup Agung Makassar dapat dilihat disini.

Perayaan penerimaan Sakramen Krisma kepada 61 Krismawan/wati dimulai pada pukul 16.00 serta dihadiri oleh banyak umat yang memenuhi gereja hingga ke aula depan gereja. Dalam amanatnya, Uskup Agung meminta kepada para Krismawan/wati untuk berani mengubah diri dan dengan pertolongan roh Allah semoga dapat menjadi teladan bagi gereja dan masyarakat. Seusai perayaan ekaristi dilanjutkan dengan ramah tamah dan santap malam bersama di aula yang dihadiri oleh krismawan/wati, keluarga serta umat yang hadiri. Uskup Agung Makassar, Mgr. Johanes Liku ‘Ada meninggalkan Paroki Santo Fransiskus Xaverius Kendari sekitar pukul 21.30 untuk kemudian melanjutkan perjalanan pastoral beliau ke paroki Raha. Foto-foto perayaan ekaristi penerimaan Krisma dapat dilihat disini.

Minggu, 06 September 2015

ACARA PERPISAHAN DENGAN PASTOR MATHIUS BAKOLU

Sehubungan dengan akan segera berakhirnya tugas P. Matheus Bakolu Pr sebagai Vikaris Episkopal Sulawesi Tenggara, maka pada hari Minggu 6 September 2015 telah berlangsung Acara Perpisahan P. Matheus Bakolu Pr dengan segenap umat Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari. Misa dipimpin langsung oleh P. Matheus Bakolu didampingi P. Herman Panggalo Pr (Pastor Paroki) dan P. Linus Ogeh Pr dan dimulai pada pukul 18.00 WITA.

Seusai Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara ramah tamah sekaligus saling membagikan kenang-kenangan. P. Matheus Bakolu Pr menjabat sebagai Vikaris Episkopal semenjak tahun 2007 hingga 2015 dan nantinya akan bertugas sebagi Pastor Rumah Sakit di Makassar. Pengganti P. Matheus Bakolu Pr adalah P. Willibrordus Welle Pr. Serah terima dan pelantikan Vikep baru akan dilaksanakan pada hari Jumat 11 September 2015 Pukul 17.00 oleh Uskup Agung Makassar Mgr. Johanes Liku Ada di Gereja Paroki Santo Fransiskus Xaverius.


Foto-foto acara perpisahan dapat dilihat disini.