Search by Google

PROMOSI

Senin, 31 Oktober 2011

PENUTUPAN BULAN ROSARIO, 31 OKTOBER 2011


Dengan diawali perarakan patung Bunda Maria memasuki gereja Santo Fransiskus Xaverius pada hari Senin, 31 Oktober 2011 pukul 18.00, penutupan bulan Rosario berlangsung sederhana tetapi khidmat. Diiringi lantunan doa rosario oleh umat, perlahan patung Bunda Maria diantar ke depan panti iman yang mengakhiri keakraban kita dengan Bunda Maria selama 31 hari di bulan Oktober ini.

Sebagai tanda syukur, akhir bulan rosario 2011 ini ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh pastor paroki, P. Marthin Solon Pr. Dalam misa yang berlangsung semarak, dilaksanakan pula penerimaan saudara Hendrik ke dalam gereja Katolik. Dalam homilinya, pastor mengharapkan agar keakraban kita selama sebulan dengan Bunda Maria, walaupun mungkin ada yang bolong-bolong, dapat kembali memperbaharui hidup kita.

Selanjutnya, kita memasuki bulan Nopember dimana gereja memperingat arwah para kudus dan orang beriman yang akan dibuka pada hari Selasa 1 Nopember 2011 sebagai Hari Raya Semua Orang Kudus. Perayaan ekaristi akan diadakan pada pukul 18.30 di gereja pusat dan di stasi Anduonohu. Selanjutnya, hari Rabu 2 Nopember 2011 sebagai hari peringatan arwah semua orang beriman. Juga akan dilaksanakan perayaan ekaristi di gereja pusat dan di Anduonohu pada pukul 18.30.

Minggu, 30 Oktober 2011

LAPORAN: ZIARAH BUNDA PERAWAN MARIA DI UNAAHA


Dengan tema: IBU MARIA, TELADAN KEMURIDAN, selama dua hari, Sabtu 29 – Minggu 30 Oktober 2011, bertempat di Paroki Roh Kudus Unaaha, Kevikepan Sulawesi Tenggara berlangsung ZIARAH BUNDA PERAWAN MARIA. Tiga aspek hidup yang harus diteladani umat Katolik dari Bunda Maria adalah Kemurnian hati – Ketaatan Iman dan Kesederhanaan Hidup.

Jika saja setiap orang memiliki kesederhanaan seperti yang telah dijalani oleh Bunda Maria, maka banyak masalah tidak akan terjadi” demikian Vikep Sultra, P. Mathius Bakolu, Pr dalam homilinya dalam Perayaan Ekaristi yang diselenggarakan sebagai penutup ziarah pada hari Minggu 30 Oktober 2011 di depan lebih dari seribu umat katolik yang memadati lapangan depan Gua Maria Sendang Mulya Sari, Unaaha.

Perayaan Ekaristi berlangsung khidmat dan sederhana yang dimulai pada pukul 10.00 WITA. Dipimpin langsung oleh Vikep Sultra, P. Mathius Bakolu Pr serta didampingi pastor paroki Roh Kudus Unaaha, P. Linus Oge Pr, pastor paroki Kolaka, P. Piet Majina Pr, pastor paroki Santo Fransiskus Xaverius, P. Marthin Solon Pr serta P. Isodorus La Rumpu Kaniu Pr. Juga ikut membantu para frater Hamba Hamba Kristus (HHK).

Sebelumnya, sejak pukul 07.00, dilaksanakan Jalan Salib yang diikuti oleh umat dari Kevikepan Sultra Daratan: Paroki Fransiskus Xaverius Sadohoa, Paroki Santo Clemens Mandonga, Paroki Roh Kudus Unaaha serta Paroki Kolaka secara bergelombang dalam kelompok hingga menjelang pukul 10.00.

Sedangkan pada Sabtu Malam, 29 Oktober 2011 diadakan Pawai Lilin dari Gereja Roh Kudus ke Gua Maria pukul 19.00, serta kegiatan Camping Rohani Mudika di halaman gereja. Dalam kesempatan itu pula, RS Santa Anna bersama suster-suster dari biara JMJ melakukan Bakti Sosial bagi umat dan masyarakat yang berada di lingkungan Paroki Roh Kudus tersebut.

Jumat, 28 Oktober 2011

KEGIATAN: PERAYAAN EKARISTI MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER


Indonesia, tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
..................................”

Demikian, lagu kebangsaan Indonesia Raya mengalun mengawali perayaan ekaristi dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Jumat 28 Oktober 2011 di Aula Utama Paroki Santo Fransiskus Xaverius. Misa yang dilaksanakan serta dihadiri oleh OMK, PMKRI, Pemuda Katolik serta umat paroki Sadohoa ini dimulai pada pukul 18.00 dengan Doa Rosario yang dilanjutkan dengan Misa yang dipimpin langsung oleh P. Marthin Solon, Pr dan P. Isidorus La Rumpu Kaniu, Pr dengan thema "Mengembangkan Talenta Demi Gereja Dan Negara" berlangsung secara khidmat namun bersemangat. Turut dinyanyikan pula beberapa lagu mars perjuangan seperti, "Bagimu Negeri" dan "Satu Nusa Satu Bangsa"

Secara khusus, P. Marthin Solon, Pr menyampaikan bahwa kita, khususnya kaum muda patut bersyukur karena semangat dalam sumpah pemuda yang diikrarkan di tahun 1928 silam masih sanggup bertahan di negara kesatuan Republik Indonesia. Semangat para pemuda 1928 itu tetap harus dijaga dan dipertahankan dalam ujud kebersamaan sebagai satu bangsa. Setelah itu dilakukan pembacaan Sumpah Pemuda oleh Erna Tanti Tanego, mewakili umat.


Seusai perayaan ekaristi, pada pukul 19.40, diadakan acara ramah tamah sambil menikmati snack yang dibagikan oleh kaum muda. Sementara OMK berkumpul untuk mematangkan persiapan camping di Unaaha pada hari minggu, 30 Oktober besok.

JADWAL AKHIR OKTOBER – AWAL NOPEMBER 2011

Jumat, 28 Oktober 2011 pukul 18.00:

Misa Sumpah Pemuda bersama OMK – PMKRI – Pemuda Katolik


Sabtu, 29 Oktober 2011 pukul 18.30:

Misa Malam Minggu


Minggu, 30 Oktober 2011:

ZIARAH KEVIKEPAN DI UNAAHA

Pukul 07.00 Jalan Salib

Pukul 10.00 Misa


Tidak ada Misa Hari Minggu di Paroki


Senin, 31 Oktober 2011

Perayaan Penutupan Bulan Rosario di Gereja Pusat

Pukul 18.00 Perarakan Patung Bunda Maria dan Doa Rosario

Pukul 18.45 Perayaan Ekaristi


Selasa, 1 Nopember 2011

Perayaan Hari Raya Semua Orang Kudus

Pukul 18.30 Perayaan Ekaristi di Gereja Pusat

Pukul 18.30 Perayaan Ekaristi di Stasi Anduonohu


Rabu, 2 Nopember 2011

Perayaan Arwah Semua Orang Beriman

Pukul 06.00 Misa Pemberkatan Bunga dan semua benda yang akan dibawa keluarga ke makam. (Gereja Pusat)

Pukul 18.30 Perayaan Ekaristi di Gereja Pusat

Pukul 18.30 Perayaan Ekaristi di Satsi Anduonohu


Jumat, 4 Nopember 2011

Pukul 18.30 Misa Jumat Pertama Dalam Bulan

Kamis, 27 Oktober 2011

KEGIATAN: DOA ROSARIO BERSAMA SISWA-SISWI TK KUNCUP MEKAR



Jumat, 28 Oktober 2011 pukul 08.30, para siswa-siswi Taman Kanak-Kanak KUNCUP MEKAR yang berada dibawah naungan Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari melakukan doa rosario bersama di depan Goa Maria Bunda Dari Lourdes. Doa bersama ini dipimpin bersama P. Marthin Solon beserta para pembimbing siswa-siswi TK Kuncup Mekar.

KEGIATAN: RAPAT PERTAMA PANITIA ULTAH PAROKI, NATAL DAN TAHUN BARU 2012


Kamis, 27 Oktober 2011 pukul 18.15, rapat pertama Panitia Ulang Tahun Paroki, Natal dan Tahun Baru 2012 dibuka oleh Samuel Situmorang, ketua Panitia, didampingi Yan Leroux Sare, wakil ketua Panitia.

Tiga agenda pokok yang dibicarakan dalam rapat yang dihadiri oleh para koordinator seksi-seksi adalah:

  1. Melengkapi nama-nama Panitia
  2. Rencana kegiatan acara yang akan dilaksanakan
  3. Pendanaan

Dalam rapat ini, diharapkan agar seksi-seksi yang telah tersusun dapat memasukkan rencana kegiatan beserta anggaran paling lambat hari Sabtu tanggal 5 November 2011 untuk dirangkum dan dibicarakan dalam rapat pleno hari Selasa, 8 November pukul 19.00 mendatang.

Rabu, 26 Oktober 2011

ACARA KAMIS, 27 OKTOBER 2011

1. Pkl. 05.30 WITA: Doa Novena Arwah Hari Ketiga
2. Pkl. 16.30 WITA: Kunjungan Keluarga Legio Maria di rumah Sdr. Guido
3. Pkl. 17.30 WITA: Rapat Panitia Inti HUT Paroki dan Perayaan Natal-Tahun Baru
4. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario Hari Ke-27
5. Pkl. 18.30 WITA: Misa Harian

Selasa, 25 Oktober 2011

KEGIATAN: PELANTIKAN PENGURUS RUKUN SANTO YOSEF


Diawali dengan doa rosario pada pukul 18.00, Selasa 25 Oktober 2011 telah dilaksanakan Perayaan Ekaristi Pemberkatan Pengurus RUKUN SANTO YOSEF di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa, Kendari. Misa dipimpin oleh pastor paroki, P. Marthin Solon, Pr.

Adapun susunan pengurus RUKUN SANTO YOSEF yang dilantik adalah:

Ketua : Ernesta
Wakil Ketua : Petrus Olelejab
Sekretaris : Elys Cristina Decky Titamena
Bendahara : Veronica Liong

Seusai Misa Pemberkatan dilanjtkan dengan acara ramah tamah bersama pengurus rukun Santo Yosef yang baru, periode 2011 – 2015 di aula paroki.

Selamat bertugas kepada para pengurus rukun yang baru.

Sabtu, 22 Oktober 2011

KEGIATAN: PEMBENTUKAN PANITIA ULANG TAHUN PAROKI SERTA NATAL DAN TAHUN BARU 2012


Sabtu, 22 Oktober 2011 pukul 19.50, seusai Misa Malam Minggu, telah berlangsung rapat pembentukan Panita Hari Ulang Tahun Paroki serta Perayaan Natal dan Tahun Baru 2012. Rapat dibuka dengan doa oleh Bapak Emanuel Nasus disusul kata pengantar oleh P. Marthin Solon, Pr.

Dalam pengantarnya, pastor paroki menyatakan beberapa harapan untuk perayaan ulang tahun yang ke 47 Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa. Antara lain, agar bisa dilaksanakan Pameran Foto yang berhubungan dengan sejarah Paroki, pelaksanaan Fancy Fair serta Sambung Rasa dengan tokoh-tokoh pelaku dan saksi sejarah Paroki Fransiskus Xaverius yang masih ada. Pastor juga menyatakan harapannya agar bisa dibuat Buku Profil Paroki yang berisikan sejarah riwayat Paroki beserta tokoh-tokoh yang menjadi pelopor berdirinya Paroki ini, karena hingga sekarang, sejarah dan riwayat Paroki belum terdata dengan baik.

Setelah kata pengantar oleh pastor paroki, maka berlangsunglah pemilihan kepanitiaan Pesta Ulang Tahun serta Perayaan Natal dan Tahun Baru 2012. Dibawah ini susunan kepanitiaan yang telah terpilih sesuai hasil keputusan rapat:

Ketua : Samuel Situmorang
Wakil Ketua : Yan Leroux Sare
Sekretaris : Guido
Bendahara : Devita L. Siri

Seksi-Seksi:

Dokumentasi Sejarah Paroki:
Yohanes Aris
Paulus Lai
Getruida
Frans Yos Iri
Sebastian Van Romi
Alma Wilda
Kalis
Antonius Acen

Dokumentasi Perayaan:
Jimmy Alam (koordinator)
A. Tonny Sutedja

Liturgi:
Seksi Liturgi DePas

Konsumsi:
Seksi Kaum Ibu Katolik DePas
Sr. Christine Yolasb, JMJ

Acara:
Suroso
Robert Djohar
Oudri Shantyka
Ernesta
Patricia Wiwik
Emanuel Nasus
Yeri Alexander

Sound System:
Petrus Wahyudi
Yohanes Eko

Kandang Natal:
OMK

Keamanan:
Seksi Keadilan dan Perdamaian DePas

Dekorasi:
Sr. Dorothea, JMJ

Dana:
Cenni Gunawan

Perlengkapan:
Paskalis Leu

Undangan:
Marsya
Yane Peter

Pelaksanaan rapat panitia inti diharapkan akan dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2010 pukul 17.30 dan rapat pleno panita direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Nopember 2011 pukul 19.00.


Rapat yang dimulai pada pukul 19.50 ini berakhir pada pukul 20.45, ditutup dengan doa oleh Sr. Dorothea JMJ serta berkat oleh P. Marthin Solon, Pr. Kepada segenap anggota Panitia Hari Ulang Tahun Paroki serta Perayaan Natal dan Tahun Baru 2012, selamat bertugas.

Jumat, 21 Oktober 2011

ACARA SABTU, 22 OKTOBER 2011

1. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario hari ke-22
2. Pkl. 18.30 WITA: Perayaan Ekaristi Malam Minggu (Perayaan Minggu Misi ke-85)
3. Pkl. 20.00 WITA: Rapat Pembentukan Panitia HUT Paroki dan Perayaan Natal 2011 - Tahun Baru 2012

Kamis, 20 Oktober 2011

PENGURUS STASI MARIA DIANGKAT KE SURGA ANDUONOHU

Gedung Gereja Saat Ini

SUSUNAN DEWAN STASI SANTA MARIA DIANGKAT KE SURGA 
ANDUONOHU – POASIA 
MASA BAKTI AGUSTUS 2010 – AGUSTUS 2014 
Gereja Yang Sedang Dibangun
DEWAN HARIAN

Ketua : Antonius Budi Utomo

Wakil Ketua : Robertus Rupang

Sekretaris I : Dina Ada'

Sekretaris II : Imelda Seru

Bendahara I : Marni Sabara

Bendahara II : Martha Rissing




SEKSI-SEKSI


BIDANG PEWARTAAN

Seksi Liturgi dan Katekese

1. Matius Tonapa (Koordinator)

2. Leonardus Nabe

3. Alexander Siboro

4. Yulius Manggau

5. Christina Dian Pancawati

6. Alexius Jimpeo

7. Simon Lasarudi

8. Yane Paternus Yunus

9. Rita Pirade


BIDANG PEMBINAAN

1. Seksi Kerasulan Keluarga dan Kaum Ibu Katolik

1. I Gusti Nyoman Kertinadi (Koordinator)

2. Maria Goretti Indri Dwisetianti

3. Yunita Yuli Salosso

4. Yohanis Masora

5. Roslina Renyaan


2. Seksi Kepemudaan

1. Antonio Agung Setiawan (Koordinator)

2. Christoporus Malli

3. Melani

4. Riza Deviana Leroux

5. Frans Oktavianus Djo

6. Tiberius Melki Sado

3. Seksi Sekami

1. Yeni Alexander (Koordinator)

2. Windy Sau Galla

3. Novita

4. Flaviana Restin Sado

5. Ana Devita Sari


III. BIDANG SOSIAL

1. Seksi Pelayanan Sosial Ekonomi

1. Bartholomeus B. Paseno (Koordinator)

2. Bate' Suppa Tandibayang

3. Maria Sesa

4. Kasna Maria Silalahi

5. Lusiana Linggi Allo

6. Clemens Sebastianus Nau


2. Seksi Usaha, Pengembangan Dana dan APP
1. V. Tikno Sarwoko

2. Alexander Linggi Allo

3. Agnes Besse

4. Yunus Sibau

5. Yohaanis Sado

6. Rinto Yohanes Bruno

7. Yan Leroux Sare


IV. BIDANG SARANA-PRASARANA PASTORAL

Seksi Sarana – Prasarana Pastoral

1. Pardingat Tamba (Koordinator)

2. M. Aris Pakadang

3. Dominus Bulung

4. Ambrosius Sau' Galla

5. Simon Samma

6. Anastasia Nina

7. Agustina Sado

8. Antonius Lukas



PENGURUS RUKUN STASI SANTA MARIA DIANGKAT KE SURGA ANDUONOHU 

MASA BAKTI AGUSTUS 2010 – AGUSTUS 2014I. 


RUKUN SANTO MIKAEL

1. Ketua : Leonardus Nabe

2. Wakil Ketua : Ambrosius Sau' Galla

3. Sekretaris I : Simon Lasarudi

4. Sekretaris II : Windy Sau' Galla

5. Bendahara I : Christina Dian Pancawati

6. Bendahara II : Hermin Pasanderan



RUKUN SANTO YOSEP

1. Ketua : Alexander Siboro

2. Wakil Ketua : Alexius Jimpeo

3. Sekretaris I : Yunita Yuli Salosso

4. Sekretaris II : Dominus Bulung

5. Bendahara I : Maria Goretti Indri Dwisetianti

6. Bendahara II : Agustina Bakuku


RUKUN SANTA MARIA

1. Ketua : Yane Paternus Yunus

2. Wakil Ketua : Agnes Besse Simon

3. Sekretaris I : Monika Tulak

4. Sekretaris II : Flaviana Restin Sado

5. Bendahara I : Rita Niko Paternus

6. Bendahara II : Riza Deviana Leroux

Selasa, 18 Oktober 2011

KEGIATAN PAROKI: SOSIALISASI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA


Rabu, 19 Oktober 2011 bertempat di Aula Paroki telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Penyusunan Program Kerja yang dibawakan oleh Bapak. May Januar, SE. Acara ini dibuka pada jam 08.20 dimulai dengan absensi kehadiran para pengurus DePas dan seksi-seksinya serta kata pengantar singkat tentang mekanisme kerja Dewan Pastoral yang saat ini sedang disusun  oleh pastor paroki, P. Marthin Solon, Pr. Selain dari para pengurus DePas, hadir juga P. Isidorus Kania Pr.

Tepat pada pukul 08.30, Bapak May Januar, SE memulai acara sosialisasi ini dengan menegaskan dua topik utama: bagaimana mengenali program serta bagaimana membangun komitmen bersama. Setiap program dalam Dewan Pastoral membutuhkan dua hal: Organisasi pelayanan (team/kelompok kerja) dan alat untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Alat dapat berupa sistem dan mekanisme kerja dan keduanya membutuhkan pertanggung-jawaban serta kedewasaan untuk mencapai sasaran yang ingin dan telah direncanakan bersama.


Selanjutnya, Bapak May Januar, SE menjelaskan serta menerangkan tentang perencanaan program dimana setiap program berawal dari mengenal potensi, kondisi serta masalah yang terdapat dalam setiap paroki untuk meraih tujuan bersama. Dalam sosialisasi ini, ditampilkan serta dijelaskan beberapa form untuk menyusun program serta form untuk pelaporan pertanggung-jawaban dari kegiatan yang telah dicapai, baik dalam jangka panjang (4 tahun, periode DePas), jangka menengah (setahun) serta jangka pendek (triwulan).

Sosialisasi berlangsung cukup mendalam maka diharapkan agar masing-masing bidang serta seksi ke depan, dapat menerapkannya, sehingga segala kegiatan dapat terukur, tetapi bukan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan setiap seksi, melainkan untuk lebih memperbaikinya demi kemajuan paroki selanjutnya. 

Dipaparkan pula Program Kerja Pastoral tahun 2011- 2015 yang telah dirangkum oleh team. Yang penting disini adalah, amat diharapkan setiap pertemuan / rapat yang dilaksanakan oleh seksi-seksi memiliki buku daftar hadir serta jika bisa, foto-foto dokumentasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan.

Acara Sosialisasi Penyusunan Program Kerja ini berlangsung hingga pukul 11.30, ditutup dengan doa makan siang sekaligus penutup oleh ibu Devita dan berkat oleh P. Marthin Solon, Pr. Semoga apa yang telah diberikan dalam acara ini membawa manfaat bagi DePas khususnya serta umat Paroki Fransiskus Xaverius umumnya.

Terima Kasih kepada bapak, May Januar SE, yang telah membagikan ilmu serta pengalamannya bagi para pengurus Dewan Pastoral Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari. Semoga di masa mendatang, kegiatan yang sama dapat dilaksanakan secara lebih mendalam lagi.

Senin, 17 Oktober 2011

KEGIATAN PAROKI: PELANTIKAN PENGURUS RUKUN


Menjadi pengurus rukun bukanlah sebuah jabatan yang basah, bahkan setiap pengurus rukun sering berkurban, baik waktu, fisik dan bahkan materi demi melayani umat. Demikian inti homili P. Marthin Solon, Pr saat melantik pengurus rukun Santa Monika dan Santo Stefanus dalam Misa hari Senin 17 Oktober 2011 malam di Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius. Misa diawali dengan Doa Rosario yang dipimpin oleh Guido, Ketua Legio Maria Ratu Para Rasul pada pukul 18.00 WITA.

Pastor mengungkapkan hal itu sambil mengisahkan riwayat Santo Ignasius dari Antiokhia yang menjadi martir di awal sejarah gereja Katolik yang pestanya dirayakan di hari yang sama. Misa juga diperuntukkan bagi arwah P. Julianus Liling, Pr yang telah berpulang ke rumah Bapa tujuh hari yang lalu di Makassar.

Para pengurus rukun yang dilantik adalah dari dua rukun, masing-masing:

RUKUN SANTA MONIKA:
Ketua : Silivianus Filemons
Wakil ketua : Bernardus Bura
Sekretaris : Agustinus Moa
Bendahara : Maria Valentin Sunarmi

RUKUN SANTO STEFANUS:
Ketua : Antonius Acen
Wakil Ketua : Elisabeth Patiung
Sekretaris : Sabina Tepi Godhi Fenansius
Bendahara : Irene Tjandra

Sebelumnya, pada hari Kamis 22 September 2011 yang lalu, juga telah dilantik pengurus rukun Santo Yohanes Pembaptis dalam Misa Rukun yang dilaksanakan di rumah keluarga Lukas Panginan. Adapun susunan pengurus adalah:

RUKUN YOHANES PEMBAPTIS:
Ketua : Lukas Panginan
Wakil Ketua : Antonius Sampe Lomo
Sekretaris : Lily Pananungan
Bendahara : Leony Subanhurint


Juga, pada hari Jumat 7 Oktober 2011, bertepatan dengan Misa Jumat Pertama Dalam Bulan, telah dilaksanakan pelantikan pengurus Rukun Regna Rosari. Adapun susunan pengurusnya adalah:



RUKUN REGNA ROSARI
Ketua : Samuel Situmorang
Wakil Ketua : Debora Meike
Sekretaris : Dakus Gori
Bendahara : Ontji Sudradjat

Kepada para pengurus rukun yang baru disampaikan selamat bertugas.



Seusai Misa Pelantikan, diadakan ramah tamah di aula paroki. Pada kesempatan itu, pastor paroki memperkenalkan Bapak May Januar yang berasal dari Paroki Santa Theresia Rantepao, yang sering menjadi narasumber tentang keorganisasian, dan saat ini menjabat sebagai Dewan Keuangan Paroki di Rantepao. Dalam acara perkenalan dirinya, May Januar mengingatkan tentang adanya tiga tugas dari para pengurus rukun yaitu, mengurus umat – mengenal metode komunitas basis - sadar lingkungan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama setelah Sr. Christin Yolasb, JMJ memimpin doa santap malam.

Undangan bagi para pengurus Dewan Pastoral untuk mengikuti SOSIALISASI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA oleh Bapak May Januar, SE yang akan dilaksanakan pada hari RABU, 19 Oktober 2011 mulai pukul 08.00 WITA hingga selesai di Aula Paroki. Diharapkan kehadiran para pengurus DePas, Rukun dan Stasi dalam sosialisasi tersebut.

Kamis, 13 Oktober 2011

PAROKI TETANGGA: SANTO CLEMENS, KENDARI



Paroki Santo Clemens diresmikan pada tanggal 22 Pebruari 2000 merupakan hasil pemekaran dari Paroki Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa. Saat ini terdiri dari 9 Rukun yaitu Rukun Santo Paulus, Rukun Santa Theresia, Rukun Santo Clemens, Rukun Santo Agustinus, Rukun Santa Maria, Rukun Santo Petrus, Rukun Santa Lucia, Rukun Santo Fransiskus dan Rukun Santo Ignatius Loyola. Selain itu, 6 Stasi bernaung dibawah Paroki ini, masing-masing Stasi Santo Robertus Mowila, Santo Paulus Teteasa, Kabar Sukacita Maria Ranomeeto, Santo Fransiskus Xaverius Lamonae, Renha Rosari Sari Mukti dan Santo Paulus Langgikima. Jumlah umat sekitar 2755 jiwa (statistik tahun 2009).

Pastor Paroki yang pertama kali menggembalakan umat di Paroki ini adalah P. Emanuel Mansuetus Mali, Pr (2000-2004) kemudian P. Alex Maitimo, Pr (selaku pejabat sementara - 2004) lalu P. Joseph Padang, Pr (2004-2008). Saat ini, Pastor Paroki Santo Clemens adalah P. Samson Bureny, Pr yang bertugas mulai tahun 2008 hingga digantikan oleh P. John Da Cunha pada tahun 2014 lalu. Paroki Santo Clemens merupakan Paroki kedua yang berdiri di kota Kendari setelah Paroki Fransiskus Xaverius Saodoha, meliputi kecamatan Mandonga, Puwatu, Wua-Wua, Kadia, Bende, Lepo-Lepo dan sekitarnya. Juga stasi-stasi yang berada di Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan, Ranomeeto, Mowila, Landono dan Teteasa. Tanah yang saat ini berdiri Gereja Katolik Santo Clemens merupakan warisan dari almarhum P. Dr. Clemens Lemens, CICM yang makamnya juga berada di lingkup area Gereja.


Kelompok kategorial yang berada dalam lingkup Paroki antara lain:

Kelompok kaum muda / remaja “Clemensia Youth Club (CYC)”

Kelompok Muda Clemens (KMC)

Kelompok SEKAMI Anak-anak dan Remaja

Persekutuan Doa Santo Clemens

Kelompok Doa Pelayanan Kasih Ibu Yang Berbahagia

Kelompok Doa Kerahiman Ilahi

Komunitas Kaum Bapak Katolik Santo Yosep

Komunitas Dokter dan Paramedis Kesehatan

Serta Ormas WKRI dan PMKRI yang berstatus lintas Paroki.

KOMUNITAS: FRATERAN HAMBA HAMBA KRISTUS (HHK)


Pembangunan biara frateran HHK dimulai pada bulan Juni 1969, Komunitas Frater Hamba Hamba Kristus secara resmi masuk ke Kendari dengan mendirikan sebuah sekolah pada bulan Januari 1970 yang dirintis oleh Fr. Gregorius dan Fr. Philipus.


Di Kendari, selain SMP Frater, pernah pula mengelola SMA Frater pada tahun 1979 namun tidak bertahan lama karena sepi peminat, SMA Frater ditutup pada tahun 1997 lalu.

Selain di bidang pendidikan dan pertanian, para frater dari Hamba Hamba Kristus juga ikut aktip membantu di Paroki Santo Clemens Mandonga dan Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari.

Frateran Jalan Mekar
Komunitas Frateran Kesuma Jaya saat ini terletak di Jalan Mekar Kendari.

Para frater yang berkarya di Kendari saat ini adalah :

Fr. Fredy Panimba HHK (Kepala Perwakilan Yayasan Unit Kendari)
Fr. Feliks Lejap HHK (Kepala Sekolah SMP Frater Kendari)
Fr. Siprianus HHK
Fr. Vincen HHK
Fr. Arnol HHK (bidang pertanian)
Fr. Urbanus HHK (bidang pertanian)

Selasa, 11 Oktober 2011

RAPAT PERTAMA DEPAS INTI : SELASA 11 OKTOBER 2011


Pada hari Selasa 11 Oktober 2011 dilakukan rapat pertama Dewan Pastoral Inti Paroki Fransiskus Xaverius Sadohoa di aula paroki dan dihadiri pula oleh anggota Dewan Keuangan Paroki serta wakil dari rukun dan stasi. Rapat dimulai pada pukul 18.45 dengan kata pengantar serta dimoderatori oleh pastor paroki, P. Marthin Solon, Pr dan doa pembukaan oleh ibu Devita. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan program oleh masing-masing koordinator seksi.

Rapat rehat pada pukul 20.00 untuk makan malam bersama selama kurang lebih 15 menit dan usai pada pukul 22.20 Wita, ditutup dengan doa dan berkat oleh P. Marthin Solon.


Rapat sempat memutuskan pembentukan panitia untuk Pemberkatan Pastoran Lapoa yang akan dilaksanakan pada hari minggu 6 Nopember 2011 pukul 10.00 di Lapoa. Disinggung pula rencana perayaan ulang tahun paroki Fransiskus Xaverius yang ke 47 pada tanggal 3 Desember 2011.

Dalam kata penutup, pastor menyatakan bahwa program-program yang telah dipaparkan itu akan dipertimbangkan, dan dapat diterima, ditunda bahkan dibatalkan sesuai dengan kemampuan dan kondisi paroki. Beberapa program yang disampaikan, antara lain:

Seksi Keluarga Katolik:
Rekoleksi Pasutri, Etika Kehidupan, Kehidupan Remaja dan Pertemuan Pasutri Muda

Seksi Panggilan:
Open house Biara Suster JMJ dan Frateran HHK, Rekoleksi, Misa hari valentine, Bedah Film Orang Kudus

Seksi Liturgi:
Pelatihan dirigen dan Mazmur untuk paroki, rukun dan stasi, Latihan Koor

Seksi Pendidikan:
Pendataan Siswa/i Katolik di sekolah negeri, pengadaan buku untuk membuat perpustakaan paroki, mengadakan seminar dan pelatihan serta bimbingan belajar

Demikian sekilas hasil rapat pertama DePas Inti Paroki Santo Fransiskus Sadohoa.

Senin, 10 Oktober 2011

ACARA SELASA, 11-10-2011

1. Pkl. 06.00 WITA: Misa Harian
2. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario Hari Kesebelas
3. Pkl. 18.30 WITA: Rapat Depas Inti (Depas Harian, Para Ketua/Koordinator Seksi) serta Ketua-Ketua Rukun di Gereja Pusat dan Ketua Stasi Anduonohu
4. Pkl. 19.00 WITA: Temu OMK???? (belum jelas kepastiannya)

Minggu, 09 Oktober 2011

ACARA SENIN, 10 OKTOBER 2011

1. Pkl.18.00 WITA: Doa Rosario Hari Kesepuluh
2. Pkl.18.30 WITA: Misa Harian

KURSUS PERSIAPAN PERNIKAHAN DI PAROKI FRANSISKUS XAVERIUS


Program 1 :
Administrasi Nikah oleh Robert Keytimu

Program 2 :
Penyelidikan Kanonik Pertama oleh P. Marthin Solon, Pr

Program 3 :
Perkawinan Dalam Pandangan Katolik oleh P. Isidorus Rumpu Kaniu, Pr

Program 4 :
Pernikahan Sebagai Sakramen oleh P. Albert Rua, Pr

Program 5 :
Psikologi Suami – Istri oleh Pasutri Dr. Unggul – Theresia

Program 6 :
Ekonomi Rumah Tangga oleh Pasutri Mario – Devita

Program 7 :
Moral Perkawinan oleh P. Marthin Solon, Pr

Program 8 :
Komunikasi Suami – Istri oleh Pasutri Dr. Unggul – Theresia

Program 9 :
Faal Pria – Wanita oleh Pasutri Dr. Unggul – Theresia

Program 10 :
Menyambut Permata Hati oleh Sr. Anna Maria, JMJ

Program 11 :
Keluarga Berencana dan Bertanggungjawab oleh Pasutri Dr. Unggul – Theresia

Program 12 :
Penyesuaian Seksual Suami – Istri oleh Pasutri Dr. Unggul – Theresia

Program 13 :
Pendidikan Anak oleh Pasutri Mario – Devita

Program 14 :
Gender dan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) oleh Ibu Yulianti Sule Karurung

Program 15 :
Pembinaan Katekumenat (khusus bagi calon baptis atau penerimaan resmi) oleh Ibu Yulianti Sule Karurung

Program 16 :
Liturgi Pernikahan oleh P. Albert Rua, Pr

Program 17 :
Penyelidikan Kanonik Kedua oleh P. Marthin Solon, Pr

Program 18 :
Latihan Upacara Pernikahan oleh Robert Keytimu

STASI SANTO RAYMUNDUS PUNGGALUKU KONSEL


Gereja Katolik Santo Raymundus Punggaluku terletak di kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan Propinsi Sulawesi Tenggara dalam Paroki Fransiskus Xaverius, kurang lebih 70 km dari Kendari. 

Stasi ini diresmikan oleh P. Mathius Bakolu, Pr, pastor paroki saat itu (kini Vikep Sultra) pada tahun 1987.

Saat ini di Stasi Punggaluku berdiam 19 Kepala Keluarga atau 76 jiwa yang sebagian besar berprofesi sebagai petani.


Pengurus Stasi Punggaluku saat ini:

Ketua Stasi : ISHAK MANGAMBE
Wakil Ketua Stasi : ROBERT
Sekretaris : MARETA
Bendahara : DANIEL DUNDU

Misa atau Kebaktian Sabda jika pastor berhalangan dilaksanakan setiap minggu pagi pukul 09.00 WITA.

Selasa, 04 Oktober 2011

ACARA RABU, 5 OKTOBER 2011

1. Pkl. 06.00 WITA: Misa Harian di Gereja Pusat
2. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario Hari Kelima di Gua Maria Bunda dari Lourdes
3. Pkl. 18.30 WITA: Rapat Panitia Pembangunan Gereja Stasi Anduonohu (kususnya Seksi Dana dan Seksi Teknis Bangunan) di Aula Paroki

Senin, 03 Oktober 2011

ACARA, SELASA, 4 OKTOBER 2011

1. Pkl. 06.00 WITA: Misa Harian (Peringatan Wajib Santo Fransiskus dari Asisi)
2. Pkl. 16.30 WITA: Rapat Presidium Legio Maria Pra-Presidium Maria Ratu Para Rasul
3. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario hari keempat

Minggu, 02 Oktober 2011

ACARA, SENIN, 3 OKTOBER 2011

1. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario hari ketiga
2. Pkl. 18.40 WITA: Misa Harian

KELOMPOK KATEGORIAL: REFRANXA


Seruan Tepuk Salut: “Jempol... Jempol (plok plok plok), Jempol.... Jempol (plok plok plok), Salut!” menggema setiap Minggu Sore di ruang aula Paroki Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari saat puluhan Remaja Fransiskus Xaverian, yang disingkat REFRANXA mengadakan pertemuan mingguan mereka.

REFRANXA dibentuk sejak tanggal 17 Agustus 2011, saat ini telah memiliki anggota hampir 70an remaja (mulai dari usia sudah SAMBUT BARU hingga kelas 2 SMA). Setiap minggu sore pukul 16.00 WITA para remaja itu berkumpul dan bergembira ria dibawah bimbingan para pengasuhnya. Saat ini, REFRANXA dikoordinir oleh Alma Wilda.

Pengurus REFRANXA saat ini adalah:

Ketua : Magdalena
Wakil Ketua : Maria Dewi Cahyaningtyas
Bendahara : Lidwina Adventia Stella Utami
Sekretaris : Florenciano Syam Rumate

Dalam setiap pertemuan mingguan, dibagi menurut topik:






Minggu pertama : 
Rekreasi (misalnya makan bersama, bermain kelompok dll)

Minggu kedua : 
Bina Bakat (misalnya bermain musik dan aneka pendalaman bakat)

Minggu ketiga : 
Liturgi (memperkenalkan mengenai liturgi dan pengetahuan misdinar)

Minggu keempat : 
Informatif (saling berbagi pengetahuan seperti kesehatan)

Minggu kelima : 
Silaturahmi (berkunjung ke panti jompo dan ke paroki lain)





Bagi para remaja yang ingin bergabung, dapat langsung menghadiri pertemuan mingguan setiap hari minggu sore mulai pukul 16.00 WITA di aula Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa, Kendari. Pasti asyiik deh.

Sabtu, 01 Oktober 2011

PEMBUKAAN BULAN ROSARIO, 1 OKTOBER 2011


Pembukaan bulan Rosario pada hari sabtu 1 Oktober 2011 telah berlangsung dengan semarak dalam perayaan Misa di depan Gua Maria Bunda Dari Lourdes Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa, Kendari.

Diawali dengan perarakan mengusung patung Bunda Maria dengan iringan doa Rosario pada pukul 18.00 WITA, dari depan pintu masuk gereja, patung Bunda Maria diusung oleh Legio Maria Ratu Para Rasul, dan ditemani secara berurutan dalam tiap puluhan oleh kelompok Sekami, Refranxa (Remaja Fransiskus Xaverius), Mudika, Kaum Ibu Katolik serta suster-suster JMJ. Sementara umat mengiringi dengan doa, nyanyian dan lilin yang bercahaya lembut sambil membawa doa setiap yang hadir akan niat dan harapan mereka.

Salam ya Maria yang tak bercela
Perawan dan Bunda termegah
Dunia bersorak kesukaan
Karena karuniamu kelimpahan
Salam, Salam, Salam Maria....”

Setelah perarakan dan doa rosario, Misa dimulai dibawah pimpinan P. Marthin Solon, Pr dari altar yang ditempatkan di depan Gua Maria Bunda Dari Lourdes. Dalam homilinya, pastor menyampaikan analogi mengenai rosario dan anggur sesuai dengan bacaan minggu. Untaian Anggur dan Rosario merupakan perlambang perjalanan kehidupan manusia di dunia ini. “Apakah kita membawa berkat ataukah malah bencana bagi sesama kita?” Dengan berdoa rosario setiap hari selama bulan oktober ini, kita sebagai umat katolik diharapkan menerima hidup baru setiap hari sehingga bisa membawa berkat dan terang bagi dunia ini.

Selanjutnya, setiap hari selama bulan rosario ini, dilaksanakan doa di Gua Maria Bunda Dari Lourdes Paroki Fransiskus Xaverius Sadohoa, Kendari pada jam 18.00 WITA. Untuk jadwal minggu ini,

Minggu, 2 Oktober 2011 : 
KIK (Kaum Ibu Katolik)
Senin, 3 Oktober 2011
WKRI
Selasa, 4 Oktober 2011
REFRANXA
Rabu, 5 Oktober 2011
LEGIO MARIA RATU PARA RASUL
Kamis, 6 Oktober 2011
Biara JMJ
Jumat, 7 Oktober 2011
KOMBAS KERAHIMAN ILAHI



Diharapkan juga agar dalam Lingkungan Umat dan Keluarga, selama bulan Oktober ini, Doa Rosario dapat dilaksanakan setiap hari.

ACARA, MINGGU, 2 OKTOBER 2011

1. Pkl. 07.00 WITA: Misa Hari Minggu Pagi di Pusat Paroki
2. Pkl. 09.00 WITA: Misa Hari Minggu di Stasi Anduonohu
3. Pkl. 16.00 WITA: Temu REFRANXA (REmaja FRANsiskus XAverius) dalam rupa "Makan Bareng"
4. Pkl. 18.00 WITA: Doa Rosario di Gua Maria Bunda dari Lourdes