Search by Google

PROMOSI

Minggu, 31 Maret 2013

PERAYAAN MALAM PASKAH 2013


Meriah dan bercahaya. Begitulah suasana perayaan Malam Paskah 2013 pada hari Sabtu 30 Maret di Gereja Paroki Santo Fransiskus Xaverius Sadohoa Kendari. Umat memenuhi gereja dengan dominasi mengenakan pakaian berwarna putih. Perayaan sendiri dilaksanakan dalam nuansa tradisi Sulawesi Utara dimana para petugas mengenakan pakaian tradisional Manado serta juga lagu-lagu dari daerah sulawesi utara. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh pastor paroki, P. Marthin Solon Pr, dimulai pada pukul 19.00 dengan upacara cahaya sebagai lambang Kristus Cahaya Dunia telah bangkit. Saat itu semua lampu-lampu dipadamkan dan di tangan umat masing-masing lilin sebagai cahaya harapan yang telah menyala sementara lilin Paskah diarak ke altar. Suasana hening dalam nuansa doa dan harapan sambil antifon pujian Paskah dilantunkan.

Setelah itu menyusul Liturgi Sabda. Dalam homilinya, P. Marthin Solon Pr menyampaikan kepada umat bahwa “Memuji Allah ada dalam budaya apa saja karena Allah mengerjakan keselamatan untuk seluruh bangsa maka Allah pun menghendaki kita mengerjakan keselamatan kita dan dunia karena siapa yang berhenti mengerjakan peran keselamatan akan hanya bermain peran saja.” Setelah homili, dilanjutkan dengan Liturgi Baptis, dengan pastor melaksanakan pemberkatan air baptis dan air suci lalu dilaksanakan pembaharuan janji baptis dan peneguhan iman. Setelah itu, lilin-lilin di tangan umat kembali dinyalakan dan pastor berkeliling memerciki umat sebagai tanda pembaharuan iman.

Kemudian memasuki Liturgi Ekaristi disusul dengan penerimaan komuni kepada semua umat yang telah menerima komuni pertama. Sebelum upacara ditutup dengan berkat dan pengutusan, Evie Paternus, ketua panitia pelaksana pekan suci, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan perayaan ini sehingga semua dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Foto-foto perayaan dapat dilihat di sini sedang lagu tradisional sulawesi utara yang dinyanyikan dengan indah oleh koor dapat diunduh disini dan disini. Serta tarian persembahan dapat diunduh di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar