Search by Google

PROMOSI

Kamis, 14 Maret 2013

HABEMUS PAPAM


Habemus Papam. Kita telah memiliki Paus baru. Kardinal Jorge Mario Bergoglio asal Argentina, Amerika Selatan dipilih oleh Konklaf sebagai Paus Gereja Katolik yang ke 266, menggantikan Paus Benedictus XVI yang mengundurkan diri karena kondisi kesehatan beliau. Pengumuman disampaikan di Vatikan dari Balkon Basilika Santo Petrus pada hari Rabu 13 Maret 2013 Pukul 20.12 waktu Vatikan (Kamis 14 Maret 2013 Pukul 03.18 WITa) oleh Kardinal Tauran mewakili Kolegium Kardinal.

Kardinal Jorge Mario Bergoglio SJ lahir pada tanggal 17 Desember 1936 juga menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires sejak tahun 1998. Beliau diangkat menjadi Kardinal pada tanggal 21 Pebruari 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II dan akhirnya, pada hari Rabu 13 Maret 2013 waktu Vatikan, beliau terpilih menjadi Paus lewat Konklaf di Kapel Sistina, Vatikan dengan nama yang dipilihnya Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus adalah juga Paus pertama yang berasal dari benua Amerika sekaligus Paus pertama dari Konggregasi Serikat Jesus (SJ). Beliau dikenal sebagai seorang intelektual Jesuit yang senang bepergian dengan kendaraan umum serta sangat memiliki kepedulian terhadap kemiskinan dan masalah sosial.Dalam penampilan pertama beliau dari atas  balkon Basilika Santo Petrus, Paus meminta kepada umat beriman untuk berdoa dan memberikan berkat bagi beliau. Lalu, dalam pesan pertamanya kepada dunia, Paus Fransiskus menyerukan Persaudaraan dalam Gereja. Selamat! (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar